Translate

Stats

Copyright © 2011 - 2013 Angga Nocip |. Powered by Blogger.

Site Rank

Pengikut

Flag Counter

Flag Counter
Home » , , » Pengenalan Microsoft Excel 2007

Pengenalan Microsoft Excel 2007


Maaf sebelummnya ada postingan sebelum ini tidak ada basa basi dan tatanan tidak rapi karena ketika memposting banyak problem jadimohon dimengerti. untuk kali ini saya akan memposting mengenai Pengenalan Microsoft Excel 2007. Biar gak lama-lama bacanya langsung aja silahkan .
logo microsoft excel


Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.







Berikut cara membuka MS. Excel 2007

Cara 1

Klik Tombol Start  à All Programs à Microsoft Office à Microsoft Office Excel 2007

Cara 2 


 
Double Klik pada Icon Microsoft Office Excel 2007 di Dekstop 
  •  Microsoft Excel 2007  memiliki 4 Komponen yaitu 
  1. Row Heading (Kepala Garis) adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk Cell. Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65536 baris 
  2. Coloumb heading (Kepala kolom) adalah penunjuk lokasi baris yang aktif sama dengan row heading. Kolom ini deisimbolkan dengan A – Z dan gabungannya 
  3. Cell pointer adalah penunjuk cell yang aktif . cell adalah perpotongan klom dan baris. Contoh A1 berarti perpotongan kolom A baris 1 
  4. Formula Bar adalah tempat kita mengetikan rumus yang akan kita gunakan nantinya dalam MS. Excel rumus harus diawalai dengan tanda “=”. Misalkan kita ingin menjumlahkan cell A1 dan B1, maka dalam formula bar di tulis “=A1+B1”

  
Bagian-bagian MS. Excel 2007
 
  1. Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close. 
  2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah. 
  3. Tab Ribbon Menu , terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View. 
  4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif. 
  5. Ribbon menu , tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah. 
  6.  Formula Bar, anda bisa mengedit data atau untuk menulis rumus pada sebuah sel. 
  7. Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
  8. Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD. 
  9. Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
  10. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah. 
  11. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif. 
  12. Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan. 
  13. Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
  14. WorkSheet View, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview. 
  15.   Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda. 
 Bila kita telah mengenal bahkan sering menggunakan MS. Excel pasti kita tidak lepas dengan fungsi atau rumus – rumus yang bisa membantu dalam pengerjaan pada Worksheet. Dan pada umumnya penulisan fungsi harus dilengkapi dengan argumen-argumen baik berupa Angka, label, rumus. Sebuah argumen harus diampit oleh 2 tanda kurung “()”. Berikut beberapa Fungsi.
  •   Logikal (IF) 
Fungsi ini digunakan jika dalam keadaan tertantu. Misalkan cell kita diminta membuat sebuah keterangan lulus atau tidaknya seseorang dengan nilai lebih dari 75, dengan A1= 80 . Contoh : =IF(A1>75,”LULUS”,”TIDAK” 
  • Left 
Berfungsi untuk mengambil karakter pada sebagian kiri dari teks. Contoh kita ingin mengambil 3 karakter dari kiri pada kata “KEMERDEKAAN”  pada cell A3. Contoh ; =LEFT(A3,3). Maka yang terambil yaitu “KEM
  • Right 
Berfungsi untuk mengambil karakter pada sebagian kanan dari teks. Contoh kita ingin mengambil 3 karakter dari kanan pada kata “KEMERDEKAAN”  pada cell A3. Contoh ; =RIGHT(A3,3). Maka yang terambil yaitu “AAN”.
  • Average 
Berfungsi untuk merata-rata sebuah range. Contoh merata rata sebuah range dengan data A1= 80, A2=85, A3=70. Penulisannya =AVERAGE(A1:A3), maka hasilnya akan menjadi 80.
  • Count
Berfungsi untuk menghitung suatu kelompok data. Misalkan pada cell A1=HADIR ; A2=HADIR ; A3= ; A4=HADIR. Maka penulisannya =COUNT(A1:A4), maka hasilnya akan muncul 4 karena terdapat 4 cell

  • Counta 
Untuk menghitung nilai yang ada dalam suatu kelompok data. Misalkan pada cell A1=HADIR ; A2=HADIR ; A3= ; A4=HADIR. Maka penulisannya =COUNTA(A1:A4), maka hasilnya akan muncul 3 karena terdapat 3 cell yang terisi. 
  • Countblank


Untuk menghitung nilai kosong pada suatu range/kelompok data. Misalkan pada cell A1=HADIR ; A2=HADIR ; A3= ; A4=HADIR. Maka penulisannya =COUNTBLANK(A1:A4), maka hasilnya akan muncul 1 karena terdapat 1 cell yang tidak terisi


  •  Countif

Untuk menghitung jumlah data yang sesuai dengan criteria tertentu pada sekelompok data. Misalkan terdapat cell A1=2, A2=3 , A3=2, A4=1 , A5=5. Maka penulisannya =COUNTIF(A1:A5, A1) hasilnya adalah 2 karena hanya terdapat 2 cell yang bernilai “2”.
  •  Large
Untuk menghitung nilai terbesar yang ke-n dari sekelompok data. Misalkan terdapat cell A1=2, A2=3 , A3=2, A4=1 , A5=5. Maka penulisannya =LARGE(A1:A5, 2) , Berarti mengambil nilai terbesar urutan ke 2 maka akan menamilkan hasil “3”.
  •  Small 
Untuk menghitung nilai terkecil yang ke-n dari sekelompok data. Misalkan terdapat cell A1=3, A2=3 , A3=2, A4=1 , A5=5. Maka penulisannya =SMALL(A1:A5, 2) , Berarti mengambil nilai terkecil urutan ke 2 maka akan menamilkan hasil “2”.
  •  Rank 
Fungsi untuk menentukan Ranking dari sekelompok data. Misalnya cell A1=75, A2=70 , A3=85, A4=83 , A5=72 , ingin mengetahui cell A2 berada di urutan ke berapa dari yang terbesar. Penulisannya =RANK(A2, A1:A5, 0) maka hasilnya akan 5 karene A2 nilai terkecil , untuk mengurutkan dari yang terkecil tangga mengganti rumus “0” menjadi “1”. Menjadi seperti berikut =RANK(A2, A1:A5, 1) maka hasilnya adalah 1.
  •  Sum 
Adalah fungsi untuk menjumlah kan suatu kelompok data , contoh pada cell A1=75, A2=70 , A3=85 . penulisannya sebagai berikut  =SUM(A1:A3) hasilnya yaitu 230.


Oh iya dalam penulisan rumus pada Excel diperlukan symbol-simbol tertentu berikut beberapa symbol yang biasa digunakan

Bentuk Simbol

Fungsi simbol
=

Sama dengan

Lebih kecil dari

Ebih besar dari
<=

Lebih kecil sama dengan dari
>=

Lebih besar sama dengan dari
<> 

Tidak sama dengan
:

Sampai/hingga
+

Menjumlahkan
-

Mengurangi
%

Persentase
/

membagi
*

mengalikan



 Macam-macam penulisan Rumus 
  1. Rumus dengan alamat Relatif , adalah Alamat relative berarti alamat sell yang jika disalin menyesuaikan dengan tempat/lokasi barunya. Ciri alamat relative adalah aabila rumus dicopy kebawah atau ke kanan , rumus yang di copykan mengikuti alamat sel 
  2. Rumus dengan alamat Absolut, adalah Alamat Absolut berarti sel yang kolom dan barisnya terkunci. Alamat ini ditandai dengan tanda “$” pada posisi kolom dan barisnya. Contoh =($A32*B32)+C32


Demikian kian postinganya dan mohon koreksinya demi peningkatan saya. terimakasih menyempatkan waktu anda yang berharga untuk membaca postingan saya. Salam Budaya

2 comments: