Maaf sebelummnya ada postingan sebelum ini tidak ada basa basi dan tatanan tidak rapi karena ketika memposting banyak problem jadimohon dimengerti. untuk kali ini saya akan memposting mengenai Pengenalan Microsoft Excel 2007. Biar gak lama-lama bacanya langsung aja silahkan .
Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.
Berikut cara membuka MS. Excel 2007
Cara 1
Klik Tombol Start
à
All Programs à
Microsoft Office à
Microsoft Office Excel 2007
Cara 2
Double Klik pada Icon Microsoft Office Excel 2007 di
Dekstop
- Microsoft Excel 2007 memiliki 4 Komponen yaitu
- Row Heading (Kepala Garis) adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk Cell. Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65536 baris
- Coloumb heading (Kepala kolom) adalah penunjuk lokasi baris yang aktif sama dengan row heading. Kolom ini deisimbolkan dengan A – Z dan gabungannya
- Cell pointer adalah penunjuk cell yang aktif . cell adalah perpotongan klom dan baris. Contoh A1 berarti perpotongan kolom A baris 1
- Formula Bar adalah tempat kita mengetikan rumus yang akan kita gunakan nantinya dalam MS. Excel rumus harus diawalai dengan tanda “=”. Misalkan kita ingin menjumlahkan cell A1 dan B1, maka dalam formula bar di tulis “=A1+B1”
Bagian-bagian MS. Excel 2007
- Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
- Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
- Tab Ribbon Menu , terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
- Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
- Ribbon menu , tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
- Formula Bar, anda bisa mengedit data atau untuk menulis rumus pada sebuah sel.
- Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
- Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
- Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
- Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
- Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
- Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
- Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
- WorkSheet View, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
- Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.
- Logikal (IF)
- Left
- Right
- Average
- Count
Berfungsi untuk menghitung suatu kelompok data. Misalkan pada
cell A1=HADIR ; A2=HADIR ; A3= ; A4=HADIR. Maka penulisannya =COUNT(A1:A4), maka
hasilnya akan muncul 4 karena terdapat 4 cell
- Counta
- Countblank
Untuk menghitung nilai kosong pada suatu range/kelompok
data. Misalkan pada cell A1=HADIR ; A2=HADIR ; A3= ; A4=HADIR. Maka penulisannya
=COUNTBLANK(A1:A4), maka hasilnya akan muncul 1 karena terdapat 1 cell
yang tidak terisi
- Countif
Untuk menghitung jumlah data yang sesuai dengan criteria tertentu
pada sekelompok data. Misalkan terdapat cell A1=2, A2=3 , A3=2, A4=1 , A5=5. Maka
penulisannya =COUNTIF(A1:A5, A1) hasilnya adalah 2 karena hanya terdapat
2 cell yang bernilai “2”.
- Large
Untuk menghitung nilai terbesar yang ke-n dari sekelompok
data. Misalkan terdapat cell A1=2, A2=3 , A3=2, A4=1 , A5=5. Maka penulisannya =LARGE(A1:A5,
2) , Berarti mengambil nilai terbesar urutan ke 2 maka akan menamilkan
hasil “3”.
- Small
- Rank
- Sum
Oh iya dalam penulisan rumus pada Excel diperlukan symbol-simbol
tertentu berikut beberapa symbol yang biasa digunakan
Bentuk Simbol
|
Fungsi simbol
|
|
=
|
Sama dengan
|
|
<
|
Lebih kecil dari
|
|
>
|
Ebih besar
dari
|
|
<=
|
Lebih kecil sama dengan
dari
|
|
>=
|
Lebih besar
sama dengan dari
|
|
<>
|
Tidak sama dengan
|
|
:
|
Sampai/hingga
|
|
+
|
Menjumlahkan
|
|
-
|
Mengurangi
|
|
%
|
Persentase
|
|
/
|
membagi
|
|
*
|
mengalikan
|
Macam-macam penulisan Rumus
- Rumus dengan alamat Relatif , adalah Alamat relative berarti alamat sell yang jika disalin menyesuaikan dengan tempat/lokasi barunya. Ciri alamat relative adalah aabila rumus dicopy kebawah atau ke kanan , rumus yang di copykan mengikuti alamat sel
- Rumus dengan alamat Absolut, adalah Alamat Absolut berarti sel yang kolom dan barisnya terkunci. Alamat ini ditandai dengan tanda “$” pada posisi kolom dan barisnya. Contoh =($A32*B32)+C32
Demikian kian postinganya dan mohon koreksinya demi peningkatan saya. terimakasih menyempatkan waktu anda yang berharga untuk membaca postingan saya. Salam Budaya
terima kasih gambar bagian-bagian Ms Excel
ReplyDeletesama sama gan semoga membantu
Delete