Translate

Copyright © 2011 - 2013 Angga Nocip |. Powered by Blogger.

Pengikut

Home » , , » Jenis Topologi

Jenis Topologi


Halo sobat bogger nah kali ini saya posting mengenai jenis dari Topologi pada Jaringan Komputer . topologi jaringan computer memang ada di sekitar kita apalagi kalo sering ke Warnet nak itu paling kelihatan disana pasti ada topologi jaringan computer. Kadang yang kita tahu di setiap warnet cuman ada kabel yang terpasang di setiap client dan semua terhubung dalam satu switch . Tetapi sebelummengenai jenis topologi jaringan terlebih dahulu kita harus mengerti arti dari topologi itu sendiri.


Topologi adalah bentuk skema, Tataletak, pola, struktur, susunan atau desain setiap jaringan komputer yang diatur sedemikian rupa agar dapat terhubung dan terkoneksi untuk digunakan sesuai dengan fungsinya.



Pada jaringan komputer terdapat 2 macam topologi, yaitu
  • Topologi Fisik dan
  • Topologi Logik

Topologi Fisik adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen-komponen jaringan atau penataan topologi (pengkabelan), yang meliputi server, workstation, hub dan pengkabelannnya.jadi yang kelihatan oleh mata Sedangkan,

Topologi Logic adalah gambaran hubungan secara logika yang terjadi antar masing-masing komputer dalam jaringan atau bisa dibilang bagaimana kerja jaringan /Sistem kerja pada suatu topologi jaringan .


Perbedaan antara Topologi logic dan topologi fisik

Logical Topology adalah suatu bentuk bagaimana suatu media transmisi dihubungkan secara bersama-sama sedangkan Physical Topology adalah rules communication yang dipakai station dalam berkomunikasi dalam network.


Hubungan antara Topologi logic dan tpologi fisik

Hubungan antara Logical Topology dan Physical Topology yaitu Logical Topolgy hanya akan beroperasi pada Physical Topology tertentu

Sebagai contoh : Ethernet hanya akan beroperasi pada Bus, Star dan Point to Point dari Physical Topology, tetapi tidak akan bekerja pada Ring. FDDI akan berfungsi pada Ring atau Star Topology tetapi tidak akan beroperasi pada Bus atau Pint to Point. Setelah kita bisa menentukan logical Topolgy yang digunakan, kita bisa memilih physical topology nya.


Yah demikian artikel mengenai jenis topologi jaringan kalo mau tahu macam-macam topologi dari setiap jenis topologi silahkan klik disini





Demikian kalo ada salahnya silahkan komentar kalo bagus silahkan share ya . SEMANG-ART

0 comments:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Jika merasa Post/Artikel ini bermanfaat mohon klik like/Share dan lebih baik lagi jika menulis komentar dan apabila adan Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Mohon ketika mengCopy artikel apapun dari Angga N Blog mohon diberi sumbernya
5. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

6. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Post a Comment