Translate

Stats

Copyright © 2011 - 2013 Angga Nocip |. Powered by Blogger.

Site Rank

Pengikut

Flag Counter

Flag Counter
Home » , , » Macam macam Topologi Logic

Macam macam Topologi Logic




Yah akhirnya tentang topologi logic sebelum menyebutkan macam dari topologi logic saya beri sedikit info mengenai topologi logic ini.








Pengertian Topologi Logic



Topologi Logic berasal dari kata “ Logik “ yang berarti adalah suatu gambaran bagaimana hubungan yang terjadi antar masing-masing komputer dalam jaringan yang tidak dapat kita lihat, tetapi dapat kita mengalaminya ( merasakan ). Pengetian secara umum, Topologi Logik merupakan topologi yang menggambarkan hubungan secara logika yang terjadi pada masing-masing komputer dalam jaringan.



Topologi Logik adalah gambaran hubungan secara logika yang terjadi antar masing-masing komputer dalam jaringan. Topologi Logic, yaitu: Ethernet, Token Ring, Local Talk, FDDI (Fiber Distributed Data Interface ), dan ATM ( Asynchronous Transfer Mode ).





Jenis-jenis Topologi Logik


1. Ethenet



Ethernet sekarang ini paling banyak digunakan oleh seluruh umat manusia. Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD ( Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection ). Sistem ini dapat memperhatikan setiap komputer kedalam kabel dari network sebelum mengirimkan data ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas, komputer akan mentransmisikan data. Jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi ketika jaringan telah kosong. Jika ada dua buah komputer melakukan transmisi pada saat bersamaan, maka komputer akan mundur dan akan menunggu kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. Metode ini disebut dengan koalisi, yang tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari network.







Ethernet dapat digunakan pada model jaringan Garis lurus , Bintang, atau Pohon. Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted pair, koaksial, ataupun kabel fiber optik pada kecepatan 10 Mbps - 100Mbps dan terus berkembang sampai 1Gbps.


Keuntungan dari Ethernet :
  1. Kecepatan mengirim data mecapai 100Mbps-1Gbps.
  2. Cukup sederhana.
  3. Mudah dalam menggunakannya.

Kerugian dari Ethernet :
  1. Sering terjadi tabrakan data pada saat menggunakannya.
  2. Jika pemakainya ramai, maka kecepatanya pun melambat.



2. Token Ring


Token Ring dikembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Hubungan komputer pada token berbentuk seperti cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar seperti lingkaran pada sebuah jaringan dari satu komputer menuju ke komputer yang lain. Jika pada persinggahan disalah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ketempat dimana data itu ingin ditujukan, dan token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer. Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optik yang dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.








Keuntungan dari Token Ring :
  1. Menggunakan Token Passing untuk menghindari tabrakan data
  2. Kecepatannya mencapai 16 Mbps.
  3. Menggunkan kabel fiber optik.


Kerugian dari Token Ring :
  1. Jika terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.
  2. Biaya mahal.




Yah sekian yang bisa saya share kalo ada kurangnya silahkan isi kolom komentar thanks you dan SEMANG-ART

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Makasih banyak, alhamdulillah bisa membantu

    ReplyDelete