Translate

Stats

Copyright © 2011 - 2013 Angga Nocip |. Powered by Blogger.

Site Rank

Pengikut

Flag Counter

Flag Counter
Home » , , » GERBANG LOGIKA

GERBANG LOGIKA

Hai sobat blogger sekalian, yah ini saya ingin share lagi yah mengenai gerbang logika, tentunya sudah pada tahukan mengenai gerbang logika berikut yang bisa saya share.
Gerbang logika adalah rangkaian dasar yang membentuk computer atau bisa dibilang Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan (INPUT) tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi (1) atau tegangan rendah (0). Dikarenakan analisis gerbang logika dilakukan dengan Aljabar Boolean maka gerbang logika sering juga disebut Rangkaian logika. Rangakaian logika sering kita temukan dalam sirkuit digital yang diimplemetasikan secara elekrtonik dengan menggunakan dioda atau transistor. Jutaan transistor di dalam mikroprosesor membentuk ribuan gerbang logika.

Ada 7 gerbang logika yang kita ketahui, yaitu NOT, AND, OR, NAND, NOR, XOR, XNOR.
Berikut penjelasannya :

1.    Gerbang logika Inventer (NOT)

Inverter (pembalik) atau juga bisa disebut NOT Gate merupakan gerbang logika dengan satu sinyal masukan dan satu sinyal keluaran dimana sinyal keluaran selalu berlawanan dengan keadaan sinyal masukan.



Fungsi gerbang NOT
- Y = NOT A à Y = A’
Misal :
A = 1, maka Y=1’ = 0 atau Y = NOT 1 = 0.
A = 0, maka Y= 0’ = 1 atau Y = NOT 0 = 1.


2.    Gerbang AND
Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang AND mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin tinggi (1) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan tinggi (1).
  
Fungsi gerbang AND
Y = A AND B atau Y = A . B à Y= AB

Misal :
A = 1 , B = 0 maka Y = 1 . 0 = 0.
A = 1 , B = 1 maka Y = 1 . 1 = 1.





untuk mempermudah mengetahui jumlah kombinasi sinyal yang harus dihitung berdasarkan inputanya, gunakan rumus ini :
·         2n,  dimana n adalah jumlah input.
Contoh :
n = 2 maka 22 = 4,
jadi jumlah kombinasi sinyal yang harus dihitung sebanyak 4 kali.


3.    Gerbang OR
Gerbang OR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang OR mempunyai sifat bila salah satu dari sinyal masukan tinggi (1), maka sinyal keluaran akan menjadi tinggi (1) juga.


Fungsi gerbang OR :

·         Y = A OR B à Y = A + B.

Misal :
A = 1 , B = 1 maka Y = 1 + 1 = 1.
A = 1 , B = 0 maka Y = 1 + 0 = 0.



4.    Gerbang NAND (Not-AND)
Gerbang NAND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang NAND mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin rendah (0) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan tinggi (1).

Fungsi gerbang NAND :
Y= A’ ^ B’ = A’B’

Misal :
A = 1 , B = 1 maka, Y = A’B’ = 1.1 = 1’ = 0





Gerbang NAND juga disebut juga Universal Gate karena kombinasi dari rangkaian gerbang NAND dapat digunakan untuk memenuhi semua fungsi dasar gerbang logika yang lain.


5.    Gerbang NOR (Not-OR)
Gerbang NOR mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi hanya satu sinyal keluaran. Gerbang NOR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin tinggi (1) maka semua sinyal masukan harus dalam keadaan rendah (0). Jadi gerbang NOR hanya mengenal sinyal masukan yang semua bitnya bernilai nol.

Fungsi gerbang NOR :

Y= A’ + B’
Misal : A = 1 , B = 1 maka Y= A’ + B’  = 1 + 1 = 1’ = 0.


6.    Gerbang XOR (Antivalen, Exclusive-OR)
Gerbang XOR disebut juga gerbang EXCLUSIVE OR dikarenakan hanya mengenali sinyal yang memiliki bit 1 (tinggi) dalam jumlah ganjil untuk menghasilkan sinyal keluaran bernilai tinggi (1).

Fungsi gerbang XOR :

Y = A v

7.    Gerbang XNOR (Ekuivalen, Not-Exclusive-OR)

Gerbang XNOR disebut juga gerbang Not-EXCLUSIVE-OR. Gerbang XNOR mempunyai sifat bila sinyal keluaran ingin benilai tinggi (1) maka sinyal masukannya harus benilai genap (kedua nilai masukan harus rendah keduanya atau tinggi keduanya).

Fungsi gerbang XNOR :





yah, itu yang bisa saya bagi mengenai GErbang Logika jika ada kurangnya yah maaf . bisa tulis di kolom komentar. sekian dan Salam budaya

0 comments:

leave comment

Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Jika merasa Post/Artikel ini bermanfaat mohon klik like/Share dan lebih baik lagi jika menulis komentar dan apabila adan Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana.
4. Mohon ketika mengCopy artikel apapun dari Angga N Blog mohon diberi sumbernya
5. Jangan Tambah Link ke tubuh komentar Anda karena saya memakai system link exchange

6. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa persetujuan dari saya.

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Join To Blog atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Me

Post a Comment